Perbedaan WordPress, Blog dan Website


Sebelum belajar lebih jauh tentang WordPress, saya ingin mencoba meluruskan sedikit pemahaman tentang WordPress, Blog dan Website. Agar lebih jelas, saya akan membuatkan grafik seperti ini:


Seperti lihat,  apapun yang ada di internet disebut Website. Ada banyak ragam website seperti forum, search engine, social bookmarking, social networking, dll. Salah satunya adalah blog. Jadi blog adalah website juga dan termasuk bagian website. Tapi website, belum tentu blog.
Sementara  blog  juga  banyak,  ada  blogspot.com,  wordpress.com,  multiply.com,  dll.  Salah satunya adalah WordPress. Maka bisa dijelaskan secara ringkas WordPress adalah salah satu dari macam-macam blog dan Blog adalah salah satu dari macam-macam Website.


Banyak yang menganggap bahwa blog itu kalau dibelakangnya ada tulisan blogspot.com, wordpress.com,  multiply.com,  dll.  Padahal  tidak  selalu  demikian.  Apa  yang  anggap  itu, hanyalah bagian kecil dari blog. Sementara blog itu sendiri terbagi dalam 2 kelompok besar, yaitu blog mandiri dan blog instant. Jadi yang sebut blog selama ini hanyalah blog-blog instant yang memang disediakan bagi mereka yang baru mengenal dunia blogging.


Tulisan  ini  tidak  sedang  mempelajari  blog-blog  tersebut.  Disini  akan  belajar  setingkat  lebih canggih dan lebih keren serta belajar tentang blog yang sesungguhnya. Kita akan belajar soal WordPress. Sebuah mesin pembuat blog yang sesungguhnya.
Jika sudah mengerti perbedaan ini, maka sekarang saatnya akan mulai belajar apa itu
WordPress dan bagaimana WordPress bisa membantu membuat sebuah blog ataupun website yang canggih dengan langkah-langkah yang sangat mudah.

Apa itu WordPress

WordPress adalah sebuah script1 yang membangun sebuah blog. Perlu ketahui, tampilan blog yang lihat selama ini tidak muncul begitu saja, melainkan dari kerja sama kode-kode php yang cukup rumit (atau bagi pemula bisa dibilang sangat rumit).
Dari kode-kode aneh itu, bersinergi dan saling mendukung hingga akhirnya muncullah halaman

blog yang enak dilihat, enak dibaca dan enak dikelola. Yah, WordPress telah dibuat sedemikian rupa sehingga sangat mudah bagi siapa saja untuk memakainya. Terima kasih kepada Ryan Boren and Matt Mullenweg yang telah memimpin proyek ini sejak 2004 yang waktu itu masih bernama B2 / Cafelog.

Cara Mendapatkan WordPress

Benarkah WordPress ini gratis? Benar sekali! Benarkah bisa mendapatkan panduannya secara gratis? Benar juga! Bagaimanakah kualitasnya? Biasanya barang gratisan itu kualitasnya buruk sekali. Maaf bos, tapi salah besar. Justru WordPress didukung oleh para programmer professional yang menghabiskan waktu dan tenaganya untuk terus membangun dan menyempurnakan WordPress hingga menjadi seperti sekarang.
Dimana bisa mendapatkan WordPress? Anda bisa mendownload versi terbarunya di http://www.wordpress.org

 Anda bisa langsung mengklik tombol download yang ada disebelah kanan halaman dan dalam beberapa menit, script pembangun wordpress sudah menjadi milik anda. Sederhana bukan? Anda bahkan tak perlu memperkenalkan diri atau meminta ijin untuk mendownloadnya.


Bahkan  rata-rata  hosting  sudah  menyertakan  WordPress  dalam  paket hostingnya  sehingga tinggal mengaktifkannya saja. Insya Allah nanti akan dijelaskan di bagian install WordPress. Dengan metode ini, bahkan tidak perlu mendownload scriptnya lagi.

Keunggulan WordPress

Lalu kenapa perlu memiliki WordPress ini? Kenapa harus membuat blog dengan WordPress? Kenapa bukan script lain?
WordPress telah membuktikan dirinya sebagai mesin yang sangat mudah digunakan, mudah perawatannya namun sangat powerful hasilnya. Hebatnya lagi, WordPress ini gratis. Kok ada ya orang baik yang bikin beginian. Nah, tahu tidak, WordPress bukan cuma gratis dan hebat, tapi juga memiliki beragam fitur yang sangat luar biasa dan sangat membantu pemilik blog. Inilah beberapa keunggulan WordPress yang sangat perlukan:
  1. Template  System,   yang  akan  memudahkan  menggonta-ganti  tampilan  blog  semudah mengklik. Anda bisa mengubah-ubah tampilan blog hanya dalam hitungan detik. Dan blog tetap berjalan seperti semula.
  2. Integrated link management, anda bisa mengatur dan mengorganisir link atau tautan ke blog atau website lain dengan hanya mengisi formulir saja
  3. Search engine-friendly permalink structure, tiap artikel mampu member alamat halaman yang mudah dibaca oleh mesin pencari.
  4. Support  for  plugins,  blog  bisa  ditambah  kemampuannya,  bisa  dirubah  fungsinya  hanya dengan menggunakan plugin. Mengaktifkan dan menginstall plugin juga amat mudah
  5. Support for widgets, anda bisa mengatur urutan blok modul hanya dengan drag and drop.
  6. Anda bisa menambah modul di sidebar hanya dengan mengklik aja.
  7. Nested categories and multiple categories for articles, anda bisa mengumpulkan artikel- artikel dalam satu kategori atau satu artikel masuk ke banyak kategori.
  8. Trackback and Pingback, juga bisa saling terhubung dengan blog-blog lain
  9.  Typographic filters for proper formatting and styling of text, memungkinkan begitu mudah membuat artikel, mengubah huruf dan gaya penulisan. Semuanya cukup dengan klik. Anda bahkan tak perlu hafal kode HTML sekalipun
  10. Static pages, jika butuh sebuah halaman statis yang berisi info tentang diri atau apapun juga,
  11. WordPress siap melayani.
  12.  Multiple authors, capek nulis sendiri dan ingin mengundang penulis luar, wordpress bisa menanganinya.
  13. Can  store  a  list  of  users  who  visit  your  blog,  bisa  juga  mendata  pengunjung  yang mengunjungi blog anda
  14. Can block site visitors by IP address, bisa memblokir pengunjung dari IP tertentu
  15. Tag  support,  tiap  artikel  bisa  ditambahkan  tag  untuk  mempermudah  search  engine mengenali isi blog atau artikel anda.
  16. Comment   Support,   bisa   berinteraksi   langsung   dengan   pengunjung.   Mereka   bisa memberikan komentar di tiap artikel
  17. RSS Feed Support, pengunjung juga bisa memantau perkembangan atau update artikel- artikel  baru  dengan  sangat  mudah  melalui  RSS  Feed.  Mereka  bisa  membacanya  di  RSS Reader atau dari Communicator.

Masih banyak sebenarnya keunggulan WordPress yang lain. Anda akan merasakannya

sendiri nanti jika sudah mulai menggunakannya. Salah satu yang saya suka dari WordPress adalah kecepatan mereka dalam merespon laporan. Jika ditemukan lubang keamanan dalam script WordPress, maka dengan cepat mereka melakukan update terbaru dan merilis script terbaru mereka.
Sangat luar biasa dan menakjubkan. WordPress juga telah diuji oleh ribuan orang dari berbagai penjuru dunia. Para hacker2-hacker besar juga ikut menguji tingkat keamanan script ini. Dan  seperti saya jelaskan diatas, tiap ketemu satu lubang, WordPress segera menambalnya hingga menjadi sangat sempurna.


Kenapa Pilih WordPress

Anda sudah  membaca keunggulan-keunggulan WordPress  diatas. Tentunya sekarang sudah punya alasan kuat kenapa harus bisa menguasai cara mengoperasikan WordPress ini. Ya, tak perlu ikut-ikutan membangun scriptnya. Anda hanya perlu tahu bagaimana cara mengoperasikannya. Dan Tulisan ini sengaja di design untuk itu.


Sebuah mobil dengan perlengkapan serba canggih dan modern. Mudah dioperasikan dan nyaman digunakan. Apakah perlu mengetahui bagaimana cara membuatnya? Tidak bukan? Anda hanya butuh bagaimana cara menghidupkannya dan bagaimana cara menjalankannya serta bagaimana cara merawatnya.


WordPress ibarat sebuah mobil mewah. Anda tak perlu memahami bagaimana semua itu bisa terjadi.  Tapi  jika  punya  kemampuan di bidang itu, bisa bergabung dengan para developer WordPress lainnya. Nah, buat yang tak memiliki keahlian dalam bidang pembangunan web, maka cukup memahami bagaimana cara menginstallnya, bagaimana cara mengelolanya dan bagaimana cara merawatnya saja. Gampang sekali bukan?

WordPress Install vs WordPress Instant

Ada 2 jenis WordPress yang harus ketahui dan harus bedakan. Pertama WordPress Install sendiri atau juga dikenal sebagai WordPress ORG. Dengan WordPress ini, bisa dengan mudah menginstall dan melakukan berbagai macam perubahan dan pengembangan sesuka hati.


Sedangkan WordPress Instant atau WordPress COM  adalah WordPress yang telah tersedia secara gratis dan instant. Tapi tentu saja tidak bisa melakukan banyak hal. Untuk mengganti tampilan aja, harus ikhlas menerima themes yang ada. Anda juga tidak diijinkan menggunakan formulir, javascript dan tidak bisa memasukkan plugin.
Tulisan ini akan  banyak  membahas WordPress INSTALL yaitu WordPress yang install sendiri.

Karena  itu  bisa  mengembangkannya  dengan  baik  dan  leluasa.  Dan  karena  harus  diinstall sendiri, maka membutuhkan hosting dan domain. Berikut ini bagaimana cara membeli hosting dan domain untuk blog sendiri.

About The Writer

My Studio

Studio Advertising Entertainment.

Related Posts