Beberapa Teori Dalam Belajar Komputer

kursuskomputer online
Merancang materi belajar online Pada online learning dimana peserta didik dan pendidik terpisah, pendidik harus mengetahui prinsip-prinsip belajar dan bagaimana peserta didik belajar. 

Kursuskomputer melakukan strategi pembelajaran untuk memotivasi para pebelajar, memfasilitasi proses belajar, membentuk manusia seutuhnya, melayani perbedaan individu, mengangkat belajar bermakna, mendorong terjadinya interaksi, memberikan umpan balik, memfasilitasi belajar kontekstual, dan mendorong selama proses belajar. 

Teori belajar dalam kursuskomputer learning Pada mulanya sistem belajar dengan menggunakan komputer dirancang berdasarkan pendekatan behavioristik, yang menyatakan bahwa tingkah laku yang dapat dilihat menunjukan apakah peserta didik telah belajar sesuatu atau tidak, dan bukan apa yang terjadi pada fikiran peserta didik. 

Menanggapi hal ini, beberapa pendidik menyatakan tidak semua belajar dapat dilihat dan ada hal yang lebih daripada sekedar perubahan tingkah laku. Maka munculah teori belajar kognitif. 

Psikologi kognitif menyatakan bahwa belajar mencakup penggunaan daya ingat, motivasi dan fikiran, dan refleksi merupakan hal yang penting dalam belajar. Psikologi kognitif memandang belajar sebagai proses internal dan jumlah yang dipelajari tergantung pada kapasitas proses belajar, usaha yang dilakukan selama proses belajar, kedalaman proses tersebut dan struktur pengetahuan yang dimiliki oleh siswa. 

Seiring perkembangan munculah gerakan konstruktivistik. Teori konstruktivis menyatakan peserta didik menginterpretasi informasi dan dunia sesuai dengan realitas personal mereka, dan mereka belajar melalui observasi, proses, dan interpretasi dan membentuk informasi tersebut kedalam pengetahuan personalnya. Dalam pandangn konstruktivistik, peserta didik akan belajar dengan baik apabila mereka dapat membawa pembelajaran kedalam konteks apa yang sedang mereka pelajari kedalam penerapan kehidapan nyata sehari-hari dan mendapat manfaat bagi dirinya. 

Namun demikian, ketiga teori belajar tersebut diatas memiliki kontribusi atau digunakan dalam marancang materi belajar online. Ketiga teori belajar tersebut dapat digunakan sebagai taksonomi untuk belajar. Strategi behavioris dapat digunakan untuk mengajar “apa”(fakta-fakta), strategi kognitif dapat digunakan untuk mengajar “bagaimana” (proses dan prinsip-prinsip).dan strategi konstruktivis dapat digunakan untuk mengajar “mengapa”( tingkat berfikir yang lebih tinggi yang dapat mengangkat makna personal dan keadaan dan belajar kontekstual).

Semoga berbagai teori diatas bisa dikembangkan oleh kursuskomputer dalam melakukan pembelajaran komputer

About The Writer

My Studio

Studio Advertising Entertainment.

Related Posts